Inilah Yang Harus Dilakukan Saat Ada Orang di Sekitar Tak Pakai Masker

sumber: cnnindonesia.com

info.hallobanua.com - Pandemi Covid-19 belum sepenuhnya selesai, apalagi muncul varian Omicron, varian lain dari Covid-19 yang disebut lebih cepat menular. Meski begitu, aturan yang mulai longgar dan keinginan libur ke tempat-tempat yang tidak bisa dikunjungi dua tahun ini memang tidak bisa dibendung. Hal yang penting dilakukan adalah memenuhi dosis vaksinasi dan selalu menjalankan protokol kesehatan, salah satunya tetap menggunakan masker.

Profesor di Oregon Health and Science University Esther Choo mengatakan, penggunaan masker N95 atau KN95 saat berlibur menjadi hal yang penting dan harus dilakukan. Apalagi saat Anda bepergian dengan menggunakan pesawat.

Berada di dalam pesawat memiliki risiko yang lebih tinggi apalagi masih ada orang yang tidak konsisten mengenakan masker saat bepergian. Anda juga dianjurkan untuk menegur langsung orang yang tidak mengenakan masker di sekitar Anda.

"Ini bukan waktunya bersikap sopan dan membiarkan orang melakukan apa yang mereka ingin lakukan. Ini benar-benar tentang menjaga semua orang tetap aman," katanya dilansir dari CNN.

Hanya saja, usahakan tetap menegur dengan baik dan bukan membentak apalagi menghakimi. Lakukan dengan cara yang tepat.

Sebuah tulisan yang diterbitkan di Jurnal Science merekomendasikan booster vaksin Covid-19 segera dilakukan. Di samping itu, penggunaan masker juga harus tetap dilakukan untuk melindungi diri dan orang lain.

"Penularan vaksinasi di seluruh kelompok umur sambil mempertahankan intervensi non-farmakologis seperti pemakaian masker," tulis makalah tersebut.

Pilih masker yang tepat

Menggunakan masker memang harus dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19. Tetapi, memerhatikan masker yang digunakan juga penting misalnya menggunakan masker dua lapis jika yang digunakan adalah masker kain.

"Masker kain tidak lebih dari sekadar hiasan wajah," kata ahli kesehatan Leana Wen.

Masker kain memiliki tingkat kebocoran hingga 75 persen saat digunakan yang berarti partikel bebas keluar masuk meskipun Anda menggunakan masker.

Meski demikian bukan berarti masker kain tak bisa digunakan, mengenakannya di atas masker medis dapat melindungi Anda dan orang lain. Menggunakan masker kain juga lebih baik ketimbang tidak menggunakan masker sama sekali, meskipun tidak efektif menangkal Covid-19.

Anda juga dianjurkan menggunakan masker KN95 atau N95 untuk perlindungan ekstra. Masker ini memiliki daya lindung yang lebih baik karena mengandung serat polipropilen yang bertindak sebagai penghalang mekanis dan elektrostatik. Kedua jenis masker ini bisa mencegah partikel kecil masuk ke hidung atau mulut.

Mahlan / may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya