Jangan Pakai Pengering Rambut di Hotel, Ini Alasannya

sumber: travel.kompas.com

info.hallobanua.com – Sebagian hotel menyediakan fasilitas seperti hair dryer atau pengering rambut yang tentunya memudahkan tamu yang ingin mengeringkan rambut dengan cepat.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diketahui tamu hotel tentang pengering rambut di kamar hotel.

Seperti dilansir Kompas.com dari Insider, Selasa (28/12/2021), penyelidikan mendalam ABC menemukan bahwa kita ada beberapa masalah kebersihan yang kita hadapi ketika menginap di hotel. Salah satunya adalah adanya benda-benda yang tampak bersih, namun sebetulnya sangat kotor, seperti pengering rambut.

Ahli mikrobiologi yang bekerja dengan ABC, Chuck Gerba melakukan eksperimen mengenai kebersihan sembilan hotel yang ada di kawasan Los Angeles, Amerika Serikat (AS) dan menemukan fakta tersebut.

"Ada beberapa hal yang dilakukan dengan pengering rambut yang tidak sadari, karena beberapa di antaranya ternyata sangat kotor," kata Chuck Gerba.

Penyelidikan tersebut mencatat bahwa barang-barang seperti pengering rambut bahkan mungkin lebih kotor daripada wastafel dan toilet.

Sebabnya, petugas kebersihan hotel sering kali mengabaikan untuk membersihkan pengering rambut, sementara sudut-sudut seperti wastafel dan toilet biasanya selalu dibersihkan.

Pengujian kebersihan pengering rambut juga dilakukan di hotel dengan harga sewa yang bervariasi, dari hotel seharga sekitar Rp 1,4 juta hingga sekitar Rp 7 juta.

Kebanyakan dari hotel yang diperiksa ternyata tak cukup menjaga kebersihan benda seperti pengering rambut yang mereka sediakan di kamar.

Chuck Gerba juga menemukan enam dari sembilan wastafel kamar mandi yang diuji memiliki tingkat kuman yang tinggi.

"Kekhawatiran terbesar di kamar hotel adalah terkena flu, virus flu, atau virus penyebab diare," kata Chuck Gerba.

"Sebab, tidak perlu banyak (kuman dan bakteri) untuk membuatmu sakit." Selain itu, berdasarkan temuan Chuck Gerba, harga hotel juga tidak selalu menjamin kebersihan kamar hotel dan benda-benda yang terdapat di dalamnya.

Bahkan terkadang hotel dengan sewa yang lebih murah menyediakan benda-benda yang lebih bersih.

Jadi, ketika bepergian cobalah untuk selalu berpikir dua kali sebelum menggunakan benda-benda lainnya di kamar hotel.

Untuk kasus pengering rambut, misalnya, pertimbangkan untuk membiarkan rambut kering dengan cara diangin-angin. Selain pertimbangan kebersihan, mengeringkan rambut dengan alat pengering juga membuat batang-batang rambut lebih berisiko rusak karena terkena panas.

Azizah/ may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya