Kominfo Ungkap Kondisi Jaringan Telekomunikasi di Sekitar Gunung Semeru

sumber: internet.kompas.com

info.hallobanua.com - Erupsi Gunung Api Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, berdampak terhadap jaringan komunikasi di wilayah sekitarnya.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengatakan operator seluler kini tengah melakukan tindakan recovery.

Menurut Juru Bicara Kemenkominfo, Dedy Permadi, proses pemulihan sedang dilakukan, namun terkendala kondisi wilayah yang masih berbahaya.

"Sesuai update yang kami terima pagi ini, beberapa BTS site yang dioperasikan oleh Telkomsel, Indosat, XL dan Smartfren mengalami pemadaman listrik yang dilakukan oleh PLN. Saat ini tindakan recovery dan mitigasi seperti menyiapkan backup genset sedang dilakukan," ujar Dedy kepada KompasTekno, Minggu (5/12/2021).

Dedy melanjutkan, operator telekomunikasi yang berbasis kabel seperti Telkom, Fiberstar, dan Biznet juga tengah mengupayakan proses pemulihan, namun, terkendala karena status beberapa daerah masih berbahaya.

"Saat ini tim sedang mencari backup jaringan yang tersedia dan mencari jalur alternatif yang terdekat dengan jalur existing untuk pemulihan jaringan telekomunikasi bagi masyarakat di sekitar lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru," pungkas Dedy.

Operator seluler sebut jaringan normal Telkomsel, XL, dan Indosat membenarkan BTS mereka terdampak dan mengalami gangguan akibat tidak mendapat pasokan listrik. Namun, ketiganya kompak mengatakan jaringan masih bisa berjalan normal dengan mengandalkan BTS lain.

"Hanya 3 BTS yang terdampak di wilayah Kabupaten Lumajang yang terletak paling dekat dengan area bencana," kata Head Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih kepada KompasTekno, Minggu (5/12/2021)

Untuk mengatasi masalah tersebut, menurut wanita yang akrab disapa Ayu ini, pihak operasional XL tengah berupaya menggunakan genset sebagai alat bantu sumber listrik BTS secara sementara.

Manager Corporate Communications Telkomsel Jawa Bali, Erwien Kusumawan, menuturkan bahwa terdapat beberapa unit BTS yang terdampak di sekitar lokasi bencana.

"Operasional untuk komunikasi telepon, SMS, dan layanan data masih tetap berjalan lancar dengan dukungan dari BTS lainnya di sekitar Gunung Semeru yang tidak terdampak," ungkap Erwien.

Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo, Steve Saerang, mengungkap bahwa kondisi jaringan Indosat masih berjalan normal, meski ada beberapa BTS di sekitar lokasi yang tidak aktif akibat catuan listrik yang terputus.

"Tim teknis dalam posisi siap untuk melakukan perbaikan segera setelah aparat terkait memberikan izin kepada kami untuk memasuki lokasi bencana," tutur Steve.

Arif / may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya