Legenda Urban Karangresik Yang Ada Di Tasikmalaya

sumber: Brilio.net

info.hallobanua.com - Setiap tempat memiliki “urban legend” yang unik dan menarik untuk diketahui. Jakarta? Bandung? Surabaya? Bukan itu semua. Kali ini kita bakal membahas urban legend dari kota kecil di daerah Jawa Barat. Yaitu Kota Tasikmalaya. Sebuah kota yang dikenal dengan istilah “Tasik Kota Santri”. Mungkin julukan itu diberikan karena di kota ini banyak pasantren yang dibangun. Namun, Tasikmalaya juga memiliki urban legend yang cukup populer di kalangan masyarakat sekitar. Mari simak beberapa urban legend di wilayah Tasikmalaya.

Karangresik

Sebuah wilayah di perbatasan Ciamis dan Tasikmalaya ini sejak dahulu memang terkenal angker. Pada zaman reformasi di area ini banyak ditemukan korban dari PETRUS (Penembakan Misterius), korban-korban umumnya ditemukan disekitar Sungai Citanduy dengan kondisi mengenaskan. Saat malam tiba sering muncul sosok dari korban-korban PETRUS bersimbah darah dengan tatapan kosong. Tidak hanya itu, di Sungai Citanduy juga terkadang muncul "Jurig Samak" atau dalam bahasa Indonesia bisa disebut "Hantu Karpet". Mengapa disebut hantu karpet? Hal ini dikarenakan hantu ini berwujud karpet. Penduduk percaya bahwa "Jurig Samak" ini menyerang korbannya yang berada di sungai maupun di pinggir sungai dengan cara membungkus korbannya lalu menenggelamkannya kedalam sungai. Menurut mitos, korban dari "Jurig Samak" akan ditemukan di daerah laut atau pesisir dengan kondisi hanya kepala saja yang ditemukan.

Namun,sekarang Karangresik menjadi tempat wisata yang menyuguhkan keindahan alam dan wahana bermain yang cocok menjadi destinasi liburan bersama keluarga ataupun teman. Kini di dekat sungai Citanduy terdapat sebuah café yang cocok dikunjungi untuk nongkrong.

Azizah/ may
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya