Mimpi Erdogan Akan Terwujud, Mobil Nasional Turki Bakal Unjuk Gigi di AS

sumber: detik.com

info.hallobanua.com - Mimpi Recep Tayyip Erdogan punya mobil nasional terwujud. TOGG, mobil nasional Turki, akan mengikuti pameran Consumer Electronic Fair di Las Vegas, USA pada 5-8 Januari 2022. Dikutip dari Carscoops, Senin (27/12/2021) disebut akan merilis teknologi "Use-Case Mobility". Apa itu?

Mimpi Erdogan ini merupakan hasil konsorsium yang dibuat tahun 2018. Setidaknya ada lima perusahaan, yakni Anadolu Group, BMC, Kok Group, operator telepon seluler Turkce dan Zorlu Holding serta Vestel.

Dua tahun yang lalu, Erdogan meluncurkan prototipe kendaraan sport utility (SUV) dan sedan, keduanya sepenuhnya listrik dan model segmen C.

Rencananya TOGG membuat lima model berbeda, mulai dari SUV, sedan, C-hatchback, B-SUV dan B-MPV. Mobil listrik akan siap untuk semua konsumen domestik di 2022.

Nampaknya pada gelaran CES kali ini, TOGG akan menunjukkan bentuk asli dari prototipe yang selubungnya dibuka pertama kali oleh Erdogan dua tahun yang lalu. Tapi hal ini belum dikonfirmasi.

Dalam sebuah pernyataan, TOGG menyebut bahwa teknologi Use-Case Mobility yang akan dibawanya ke CES akan menyatukan teknologi mobilitas listrik, otonom, dan terhubung bersama.

Sementara bila melirik performanya, dua jenis mobil SUV dan sedan TOGG itu ditawarkan dalam konfigurasi motor tunggal dan ganda.

Pada konfigurasi single motor bakal menggunakan penggerak roda belakang yang bisa menghasilkan 200 hp, sementara model dual-motor akan menambahkan motor listrik di depan, menghasilkan gabungan 400 hp.

Menariknya, versi dual motor bisa mencapai 62 mph (100 km / jam) dalam 4,8 detik sementara single motor bisa mencapai kecepatan yang sama dalam 7,6 detik.

Bicara jarak tempuh, versi standar bisa melakukan perjalanan hingga 186 mil (300 km) dengan sekali pengisian daya. Sementara model motor ganda, yakni 310 mil (500 km).

TOGG akan membangun kendaraannya di sebuah pabrik di distrik Gemlik di barat laut provinsi Bursa, yang akan selesai pada awal 2022.

Proyek mobil nasional ini sebenarnya telah menjadi mimpi Erdogan untuk membuktikan kekuatan ekonomi pasarnya. Bahkan Erdogan sendiri menyebut ini penantian yang kandas 60 tahun lalu.

"Kita berkumpul di sini untuk menyaksikan mimpi 60 tahun kita menjadi kenyataan," ujar Erdogan mengacu pada rencana di masa lalu untuk memproduksi mobil nasional Turki.

"Saat kita melihat mobil ini di jalanan seluruh dunia, kita sudah mencapai tujuan kita," ujarnya.

Keinginan Turki untuk memiliki mobil nasional sudah ada sejak era kepemimpinan Cemal Gürsel. Devrim --Revolusi, menjadi mobil pertama yang dikembangkan dan diproduksi Turki sendiri pada tahun 1960-an.

Singkat cerita, proyek tersebut mendapat kritikan dari berbagai pihak. Dianggap sebagai rencana kurang matang, sehingga mobil nasional tidak dapat diwujudkan.

Disebutkan mesin sendiri merupakan hasil dari campur aduk dari Willy's Jeep, Ford Consul, Warswa, Chevrolet, Fiat 1400 dan 1000. Seluruh mesin dirakit di Eskisehir, sementara girboks dirakit di pabrik Ankara.

Mahlan / may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya