Sinopsis Film Belfast, Kehidupan Sebuah Keluarga dari Mata Bocah 9 Tahun

sumber: cnnindonesia.com

info.hallobanua.com - Film Belfast mengisahkan kehidupan sebuah keluarga Protestan Irlandia Utara yang tinggal di Belfast, Irlandia Utara, pada dekade '60-an. Berikut sinopsis film Belfast. Meski mengisahkan perjalanan sebuah keluarga, kisah dalam film ini diambil dari sudut pandang bocah sembilan tahun di keluarga tersebut yang bernama Buddy.

Sebagai sebuah keluarga dari kelas pekerja, ayah Buddy yang bernama Pa mesti merantau ke Inggris untuk bisa menghidupi mereka. Sementara di Belfast, tinggal sisa keluarga mereka: sang ibu bernama Ma, abang bernama Will, dan kakek-nenek bernama Pops dan Granny.

Pada 15 Agustus 1969, sebuah kelompok dari masyarakat Protestan melakukan kerusuhan di jalanan kediaman Buddy dan mengintimidasi pemeluk Katolik.

Masyarakat sekitar kemudian membuat barikade mencegah mereka kembali. Mendengar ada kerusuhan di dekat rumah dan keluarganya, Pa kembali ke Belfast dari Inggris.

Pada suatu kali, keluarga Buddy datang ke sebuah gereja dan pendeta pada saat itu memberikan khotbah yang cukup keras. Khotbah itu berisikan ajakan dan pesan bahwasanya ketika sebuah pilihan telah diambil, maka pantang untuk mundur kembali.

Pandangan dan khotbah dari pendeta itulah yang kemudian tertanam dalam benak Buddy dan tergambarkan sepanjang sisa film Belfast berjalan.

Film Belfast juga menggambarkan naik-turun perjalanan Buddy yang cukup menantang untuk usianya yang masih sembilan tahun.

Dalam film ini pula, Buddy digambarkan berjuang menghadapi pilihan-pilihan yang ia ambil serta konsekuensinya yang kadang tak ia kira sebelumnya.

Film Belfast ditulis dan disutradarai Kenneth Branagh. Ia juga pernah menggarap film Artemis Fowl (2020), Murder on the Orient Express (2017), Cinderella (2015), Thor (2011), dan The Magic Flute (2006).

Selain Jude Hill, film ini juga dibintangi Caitríona Balfe, Judi Dench, Jamie Dornan, Ciarán Hinds, dan Colin Morgan.

Belfast yang bergenre komedi-drama ini disebut Branagh sebagai filmnya yang paling personal, mengingat ia menggunakan sudut pandang seorang bocah sembilan tahun sepanjang film.

Belfast tayang pertama kali di Telluride Film Festival pada September 2021 dan Toronto International Film Festival 2021. Di TIFF 2021, film ini berhasil memenangkan People's Choice Award.

Mahlan / may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya