Ternyata Inilah Penyebab yang Membuat Jerawat Muncul di Alis

sumber: fashion.kompas.com

info.hallobanua.com - Bukan hanya di pipi, dagu, dahi atau hidung, jerawat juga bisa tumbuh di alismu loh.

Jenis jerawat yang bisa muncul di area alis ini juga sangat beragam, mulai dari cystic acne, pustula, papula, komedo putih hingga hitam.

Melansir dari PARAPUAN, ada banyak alasan mengapa jerawat bisa muncul di sekitar alis.

Ingrown Hair atau Rambut Tumbuh ke Dalam Mencabut atau mencukur alis dapat menyebabkan rambut tumbuh ke dalam.

Ini terjadi ketika sebagian rambut yang dicabut tumbuh kembali ke kulit, yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat jika folikel rambut tersumbat.

Pencabutan alis dapat menyebabkan rambut tumbuh ke dalam lebih sering, karena lebih cenderung menyebabkan rambut patah dan tertinggal di bawah kulit.

Saat rambut mulai tumbuh kembali, sangat mungkin rambut tumbuh ke dalam.

Mencabut alis dengan waxing juga berisiko, karena dapat meninggalkan lubang di folikel rambut yang dapat dimasuki bakteri.

Pori-Pori Tersumbat Pori-pori bisa tersumbat oleh berbagai zat, mulai dari minyak dari wajah, rambut atau tangan, keringat, hingga sel kulit mati.

Perlu diingat bahwa meskipun kelenjar keringat juga merupakan pori-pori di kulit, namun folikel rambut adalah pori-pori utama yang menyebabkan jerawat di alis.

Kulit Berminyak Kulit berminyak adalah salah satu penyebab jerawat yang paling umum. Minyak berlebih pada kulit bisa menyumbat folikel rambut, yang menyebabkan jerawat saat folikel yang tersumbat meradang atau terinfeksi.

Karena wajah dan dahi memiliki banyak kelenjar minyak, biasanya orang dengan kulit berminyak lebih rentan mendapatkan jerawat di sekitar alis.

Beberapa kosmetik dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Makeup brush yang kotor juga bisa menyebabkan jerawat, karena dapat menampung bakteri. Jenis kosmetik seperti gel alis juga dapat menyebabkan jerawat di antara alis.

Sering Menyentuh Wajah Ketika Kawan Puan menyentuh wajah, minyak alami di tangan berpindah ke wajahmu, yang bisa menyumbat pori-pori.

Selain itu, tangan kamu memiliki bakteri, tidak peduli seberapa sering kamu mencucinya.

Menyentuh wajah dapat membawa bakteri ini ke pori-pori yang tersumbat dan menyebabkan jerawat.

Hormon Perubahan hormon dapat menyebabkan timbulnya jerawat hormonal.

Adapun jerawat hormonal paling umum muncul saat menstruasi, selama masa menopause, kehamilan, atau tepat setelah kamu menggunakan alat kontrasepsi.

Itu dia beberapa penyebab jerawat bisa muncul di alismu. Maka dari itu, agar jerawat muncul di alis, hindari hal-hal yang disarankan seperti di atas yah.

Arif / may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya