TikTok Rebut Takhta Google Jadi Website Terpopuler Dunia 2021

sumber: internet.kompas.com

info.hallobanua.com - TikTok kian populer. Hal ini terbukti dari laporan terbaru yang dirilis perusahaan penyedia jaringan pengiriman konten (Content Delivery Network), CloudFlare.

CloudFlare menobatkan alamat TikTok.com sebagai situs web (website) paling populer di dunia pada 2021 dalam daftar "Top 10 Most Popular Domains 2021".

Dalam membuat daftar ini, CloudFlare melihat seberapa besar trafik atau lalu lintas internet yang masuk ke domain tersebut.

TikTok.com mengalahkan popularitas situs-situs raksasa dunia lain seperti Google.com, Facebook.com, YouTube.com, Netflix.com, dan lainnya.

Tahun sebelum-sebelumnya, menurut CloudFlare, Google.com menjadi "juara bertahan" sebagai domain situs terpopuler di dunia.Dominasi Google.com ini memang tak bisa dipungkiri karena Google menyediakan banyak layanan melalui domain tersebut, mulai dari Maps, Translate, Photos, News, dan lainnya.

Namun, dominasi tersebut dihentikan oleh TikTok.com pada 2021 ini.

Menurut data CloudFlare, domain TikTok.com sebenarnya hanya menempati peringkat ketujuh atau kedelapan dalam daftar domain terpopuler pada tahun 2020 lalu.

Namun, sepanjang tahun 2021 ini, kunjungan ke domain TikTok.com melejit bahkan berhasil mengungguli Google.com.

CloudFlare mengungkapkan, pada awal tahun 2021, TikTok sempat beberapa kali saja menjadi website teratas yang paling sering dikunjungi.

TikTok tercatat pertama kali menempati posisi teratas sebagai situs web yang paling sering dikunjungi selama sehari, yakni pada 17 Februari 2021.

Domain Google.com pun disebutkan masih sempat menguasai peringkat satu website terpopuler dunia pada awal-awal tahun 2021.

Namun, pada semester kedua 2021, domain TikTok.com mulai mendominasi dan hampir memimpin setiap hari sebagai situs terpopuler dunia mulai Agustus 2021.

CloudFlare menyebut bulan Oktober dan November sebagai bulannya TikTok, karena platform berbagi video pendek besutan ByteDance ini memimpin sebagai situs terpopuler di dunia, termasuk saat hari besar seperti Thanksgiving (25 November) dan Black Friday (26 November).

Popularitas TikTok yang kian melejit juga menjadi perhatian sendiri bagi pengiklan.

Dalam laporan Daftar 10 Top domain situs web populer (akhir) 2021 versi CloudFlare, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari blog resminya, Jumat (24/12/2021):
  1. TikTok.com
  2. Google.com
  3. Facebook.com
  4. Microsoft.com
  5. Apple.com
  6. Amazon.com
  7. Netflix.com
  8. YouTube.com
  9. Twitter.com
  10. WhatsApp.com

Jadi saluran utama pemasaran

Outlet media The New York Times juga melaporkan bahwa retailer (pengecer) sekarang melihat TikTok sebagai "holy grail" atau tujuan utama untuk kegiatan pemasaran (marketing).

Para retailer mengandalkan TikTok sebagai media pemasaran karena berusaha menjangkau influencer dan mendapatkan atensi dari Gen Z, di tengah penurunan popularitas televisi kabel yang terus berlanjut.

Menurut Times, beriklan di TikTok menjadi jalan aman bagi retailer, mengingat tagar #TikTokMadeMeBuyIt (#TikTokMembuatkuMembeliIni) sekarang telah dilihat lebih dari 7 miliar kali di aplikasi TikTok.

"Pertumbuhan yang kami lihat itu gila," kata Krishna Subramanian, pendiri perusahaan pemasaran influencer Captiv8, kepada Times, sebagaimana dihimpun dari Gizmodo.

"Brand telah beralih, dari hanya sekadar mencoba TikTok (untuk pemasaran), kemudian benar-benar menyediakan anggaran khusus atau atau membuat kampanye khusus untuk di TikTok," lanjut Subramanian.

Azizah/ may
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya