5 Pilihan Wisata Kuliner di Bogor yang Enak, dari Manis sampai Gurih

sumber: cnnindonesia.com

info.hallobanua.com - Bogor bukan saja terkenal dengan wisata alam, melainkan juga pelbagai kuliner yang mampu memanjakan lidah. Jika memilih wisata kuliner di Bogor, sebagian dari Anda mungkin terpaku pada keinginan mendapat rasa yang enak.

Namun sesungguhnya, bukan kelezatan saja yang jadi daya tarik, beberapa makanan di kota hujan ini juga sudah jadi legendaris. Laman resmi Pemerintah Kota Bogor merekomendasikan setidaknya lima jenis makanan yang wajib dicoba saat berwisata kuliner di daerah ini.

Kelima jenis makanan itu antara lain tauge goreng, soto mie, roti unyil, lapis Bogor dan, asinan. Akan tetapi , ada pula beberapa jenis makanan lain yang bisa jadi pilihan Anda saat berwisata kuliner di Bogor. Berikut beberapa rekomendasi destinasi kuliner yang bisa Anda coba.

1. Martabak Encek Surken

Kawasan Surken atau Suryakencana dikenal sebagai salah satu sentra kuliner di Bogor. Martabak Encek adalah salah satu yang bercokol di Gang Aut, Suryakencana sejak 1975.

Martabak yang umumnya bisa Anda temukan di setiap kota ini, di Bogor menjadi salah satu yang istimewa karena sang pemilik memasaknya di atas arang. Proses ini membuat aroma dan cita rasa Martabak Encek berbeda dibanding gerai martabak lainnya.

Mulai dibuka pukul 14.00 WIB, panganan ini seringkali langsung diserbu pelanggan dan cepat ludes. Karena itu Anda disarankan untuk datang sebelum waktu buka jika hendak mencoba.

2.Laksa Bogor

Semangkuk Laksa Bogor biasanya berisi potongan ketupat, oncom, bihun, daun kemangi, tauge dan, kuah. Anda bisa dengan mudah menemukan penjual laksa di Bogor.

Namun salah satu yang legendaris adalah Laksa Gang Aut Khas Bogor Mang Wahyu yang berdiri sejak 1955. Resep laksa yang turun-temurun hingga kini di tangan generasi ketiga tersebut, kini sudah ditambah variasi berupa telur pada sajiannya.

3. Es Sekoteng

Sekoteng yang biasanya disajikan hangat, di Bogor Anda bisa menemukannya dalam sajian dingin. Sajian es sekoteng ini lebih mirip es campur atau es oyen berisi serutan es, alpukat, air, kelapa, pacar mutiara, air gula dan krim kental manis.

Anda bisa menjajal wisata kuliner Es Sekoteng Boper di Jalan Sawojajar Nomor 43, Bogor Tengah dan siap dengan kocek Rp17.000 per porsi.

4. Tauge Goreng

Dikutip dari laman resmi Pemkot Bogor, Toge Goreng adalah salah satu wisata kuliner yang direkomendasikan untuk dicicipi. Meski bernama ‘toge goreng’, proses pembuatan makanan ini adalah dengan direbus.

Toge goreng disajikan dengan potongan ketupat, tahu, mie kuning, serta bumbu khas yang terbuat dari tauco. Lokasi toge goreng yang legendaris terletak di dekat Pasar Anyar. Toge goreng H. Gebro ini berdiri sejak 1943 di Jalan Pengadilan (Depan Irian Motor), Bogor.

5. Soto Mie

Soto Mie Bogor ini berbeda dari soto mi di daerah lain yang menggunakan bihun atau bahkan tak menggunakan mie. Yang membedakan soto asal Kota Hujan ini adalah penggunaan mie kuning yang menambah rasa gurih.

Soto Mie disajikan menggunakan potongan kikil, irisan risol, potomngan daging yang beragam serta, sayuran yang bervariasi seperti lobak, kol, tomat dan, daun bawang.

Mahlan / may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya