Apa Itu Ebi, Penyedap Masakan Berupa Udang Kecil?

sumber: kuliner.kompas.com

info.hallobanua.com - Masakan Indonesia identik dengan banyak bumbu. Salah satu yang kerap digunakan adalah ebi kering.

Ebi kering biasa ditambahkan pada tumisan, hidangan berkuah, atau taburan makanan seperti talam ebi khas Singkawang.

Lantas, sebetulnya apa itu ebi? Lebih lengkapnya simak dalam uraian berikut.

Apa itu ebi?

Melansir dari "Bumbu, Penyedap, dan Penyerta Masakan Indonesia" oleh Murdijati Gardjito terbitan PT Gramedia Pustaka Utama ebi adalah salah satu bentuk udang yang diawetkan.

Cara membuat ebi cukup sederhana. Sebelum diolah, udang segar dibersihkan dulu lalu direbus selama 30 menit. Udang yang telah direbus lalu dijemur hingga kering.

Setelah itu dilakukan proses pemisahan kulit dari dagingnya dengan cara memasukkan udang ke dalam karung. Selanjutnya, udang ditumbuk lalu dikemas dalam plastik.

Penggunaan ebi dalam masakan

Ebi biasanya berukuran kecil dan berwarna kemerahan, seperti udang rebus.

Dalam penggunaannya, ebi dipakai sebagai udang segar untuk menyedapkan masakan. Pemakaiannya bisa dalam bentuk halus maupun utuh.

Melansir dari "Sedep Marem Masakan Cita Rasa Ndeso 110 Resep Hits Di Instagram" oleh Dian Ayu Puspitasari terbitan PT Gramedia Pustaka Utama ebi kering dapat dijemur kembli, dioven, atau disangrai lalu ditumbuk sebagai bumbu taburan.

Ebi tumbuk biasanya dipakai pada masakan berkuah, tumisan, dan sambal. Sementara, untuk ebi utuh bisa ditambahkan sebagai pelengkap tumisan dan hidangan berkuah seperti lodeh.

Lebih jauh, ebi mengandung kalsium, fosfor, dan mikronutrien. Selain itu kadar proteinnya juga cukup tinggi. Bahkan kalsiumnya tidak kalah banyak daripada hasil laut lainnya.

Azizah/ may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya