Inilah 5 Tempat Urban Legend di Bandung, Tertarik Mengunjungi?

sumber: idntimes.com

info.hallobanua.com - Sesuatu yang wajar apabila sebuah tempat punya kisahnya sendiri yang diingat oleh orang banyak. Ada yang mengisahkan tentang asal mula tempat tersebut, sampai beberapa kisah misteri yang melekat. Bandung yang terkenal dengan keindahan alamnya ternyata punya banyak cerita mistis di beberapa tempat.

Banyak masyarakat yang percaya dengan cerita-cerita tersebut, bahkan sudah menjadi kisah turun-temurun. Tidak heran bila beberapa kisah menjadi urban legend di tengah masyarakat.

Penasaran di mana saja tempat-tempat tersebut? Berikut 5 tempat di Bandung yang dibaluti dengan cerita mitos. Check this out!

1. Rumah gurita

Rumah ini berada di belakang Hotel Grand Aquila, lebih tepatnya di daerah Sukajadi. Rumah Gurita sangat lekat dengan kesan angker. Bahkan tempat ini sampai dikisahkan menjadi film di tahun 2014 silam.

Bangunan rumah ini memiliki ciri khas patung gurita di bagian atas. Dahulu rumah ini dirancang oleh seorang mahasiswa ITB atas keinginan pemiliknya. Akan tetapi, siapa pemiliknya sampai sekarang tidak ada yang mengetahui.

Mitos yang beredar di tengah masyarakat adalah rumah ini sering disebut gereja setan, tempat pemujaan sekte sesat.

2. SMA 3 dan SMA 5 Bandung

Ketika masa penjajahan, bangunan ini dikenal dengan sebutan Hooge Burgere School (HBS) di mana merupakan tempat bersekolah untuk orang-orang Belanda di Bandung. Sekarang, meski tergolong bangunan tua, namun masih difungsikan sebagai tempat mengenyam pendidikan anak-anak Bandung.

Cerita mistis di masyarakat yang beredar adalah terdapat hantu di sekolah tersebut yang dikenal memiliki nama Nancy. Konon, hantu itu merupakan arwah noni Belanda yang bunuh diri di sekitar kawasan tersebut. Banyak masyarakat yang percaya bahwa di malam hari pada jam tertentu Nancy kerap menampakkan diri.

3. Jalan babakan siliwangi

Selanjutnya adalah kisah tentang hantu boneka di seputaran Jalan Babakan Siliwangi. Kisahnya bermula ketika terjadi kecelakaan di tahun 1980. Kala itu, seorang gadis bernama Uci, terlempar mengenai pohon di pinggir jalan sampai meninggal.

Sebelum meninggal, gadis itu konon menanyakan tentang bonekanya yang hilang ketika kecelakaan. Bermula dari situlah kemudian masyarakat percaya kalau arwah Uci terkadang tampak di sekitaran jalan tersebut.

4. Jalan cipaganti

Berdasarkan mitos, di jalan tersebut pernah ada kejadian seorang jawara yang meninggal dengan kepala yang terputus. Sang jawara dipercaya bergentayangan dan terkadang menampakkan diri.

Beredar kabar bahwa arwah sang jawara sering mengganggu para pengendara sepeda motor. Makanya, siapa yang lewat jalan tersebut dianjurkan tetap waspada dan berdoa.

5. Museum pos indonesia

Museum Pos Indonesia di Cilaki juga dikenal memiliki cerita mistisnya. Tak perlu menunggu sampai malam, bangunan yang dirikan tahun 1931 ini ketika siang tampak begitu menyeramkan.

Meski telah banyak direnovasi, kesan seramnya tetap saja muncul. Terkadang, di bangunan ini muncul penampakan wanita yang mondar-mandir di area gedung. Beberapa pengunjung bahkan sering melihatnya dan membuat mereka merasa ketakutan.

Itulah tadi 5 tempat yang mengandung urban legend di Bandung. Entah mitos atau fakta, nyatanya cerita-cerita tadi sudah berkembang di masyarakat.

Azizah/ may
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya