Inilah 7 Tanda Saat Bakteri Usus Tak Baik-baik Saja

sumber: cnnindonesia.com

info.hallobanua.com - Kesehatan usus tidak hanya memengaruhi pencernaan, tapi juga otak dan kekebalan tubuh. Usus jadi rumah triliunan bakteri bersama dengan virus dan jamur atau biasa disebut mikrobiota usus. Mikrobiota usus pun membentuk gen kolektif yang disebut mikrobioma usus.

Menurut Will Bulsiewicz, ahli gastroenterologi dan ahli kesehatan usus, Anda memiliki mikrobioma usus seperti sidik jari yang unik dan hanya ada satu-satunya.

Saat usus, terutama bakteri usus, bermasalah atau tidak seimbang, tubuh akan mengirimkan sinyal agar Anda mengambil tindakan. Namun tanda-tanda ini tidak selalu berkaitan dengan sakit perut atau diare.

1. Mood naik turun

Mikrobioma usus memainkan peran penting dalam kesehatan mental dan cara Anda merespons stres. Mekanismenya tidak sepenuhnya jelas, tetapi ada bukti bahwa hormon tertentu yang dibuat di usus (peptida usus) mengendalikan sinyal antara usus dan otak, begitu pula sebaliknya.

Dilansir dari Mind, Body, Green, ada saluran komunikasi saraf antara usus dan otak. Jika jalur komunikasi usus-otak terganggu, ini akan berkontribusi pada kecemasan dan perubahan mood yang tidak tentu.

2.Kelelahan tanpa sebab

Pernah mengalami kelelahan tapi tak tahu penyebabnya? Ini bisa jadi ada masalah di usus Anda. Alicia Romano, ahli diet dan juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, mengatakan usus berperan dalam kesehatan mental.

"Jika Anda menghadapi perubahan suasana hati yang baru atau kecemasan yang meningkat, Anda mungkin ingin menyesuaikan pola makan dan gaya hidup Anda dan bagaimana hal itu dapat mempengaruhi Anda pada tingkat yang lebih dalam," ujar Romano dikutip dari Eat This, Not That!.

3. Gampang sakit

Ketidakseimbangan bakteri usus akan memicu penyakit dan infeksi. Ini tidak melulu masalah pencernaan sebab respons imun yang buruk jadi salah satu tanda usus yang tidak sehat.

"Studi menunjukkan mereka yang mengalami penurunan jumlah bakteri usus (karena konsumsi antibiotik) memiliki respons imun lebih rendah terhadap vaksin flu dibanding kelompok yang memiliki bakteri usus normal," jelas Jonathan Valdez, pemilik Genki Nutrition.

4. Timbul masalah kulit

Merawat kesehatan bakteri usus berarti merawat kesehatan kulit. Mengapa? Ternyata riset menunjukkan hubungan antara usus tidak sehat dan masalah kulit seperti jerawat, psoriasis dan eksim.

Dilansir dari Everyday Health, sebuah tinjauan yang diterbitkan di jurnalFrontiers in Microbiologymenyebut mikrobioma usus mempengaruhi kulit lewat mekanisme kekebalan yang kompleks. Kemudian probiotik dan prebiotik dapat membantu menyeimbangkan usus dan mampu mencegah serta mengobati masalah kulit yang meradang.

5. Migrain

Kaum Hawa kerap mengeluh sakit kepala hingga migrain jelang menstruasi. Kondisi stres dan lelah pun tak jarang berujung pada migrain yang mengganggu. Tak hanya itu, sebab migrain juga dipicu kondisi usus tidak sehat.

Tinjauan yang diterbitkan di The Journal of Headache menemukan hubungannya memang kurang begitu jelas, hubungan usus-otak bisa berakibat migrain. Di samping itu ditemukan hubungan antara migrain dan kondisi berkaitan dengan kesehatan usus yakniirritable bowel syndrome (IBS).

6. Ngidam makanan dan minuman serba manis

Mikroba usus sangat pandai memanipulasi otak sehingga mendorong Anda untuk terus mengonsumsi gula. Gula merupakan makanan favorit bakteri usus dan membantu mereka tumbuh. Namun tidak semua jenis bakteri suka gula.

Jamur, misal, tumbuh subur berkat gula. Bifidobacteria lebih suka serat makanan, sedangkan Bacteroidetes lebih suka lemak. Jika kondisi usus lebih banyak jamur, Anda bisa mengidam gula yang intens dan mengawetkan kondisi usus yang tidak sehat.

7. Susah fokus

Tak hanya soal mood dan kesehatan mental, usus turut mempengaruhi kemampuan kognitif. Ini karena usus memproduksi neurotransmitter yang mendukung mood, pikiran dan hal-hal yang berkaitan dengan kemampuan kognitif. Studi menunjukkan, ketidakseimbangan bakteri usus bisa berakibat negatif terhadap kemampuan belajar dan mengingat.

Mahlan / may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya