Pantai Cantik di Thailand Telah Kembali Menerima Wisatawan

sumber: detik.com

info.hallobanua.com - Maya Bay yang tersohor kembali menerima wisatawan. Namun, ada ketentuan yang harus dipatuhi.

Dirangkum detikcom, Kamis (6/1/2022) teluk yang terkenal karena film 'The Beach' yang diperankan oleh Leonardo DiCaprio itu berada di Taman Nasional Hat Noppharat Thara-Mu, Ko Phi Phi, Thailand. Maya Bay adalah bagian dari Phi Phi Leh, salah satu dari dua pulau utama Phi Phi di Provinsi Krabi.

Pantai ini ditutup pada tahun 2018 karena kerusakan yang cukup parah dan pemerintah memutuskan untuk memperbaikinya. Setelah tiga tahun ditutup, di awal 2022 ini kawasan itu kembali dibuka untuk turis.

Namun, pengunjung dibatasi. Hanya 375 traveler yang dapat mengunjungi sekaligus dan berenang di perairan ini.

"Hiu telah kembali, terumbu karang tumbuh kembali, dan air menjadi jernih kembali. Hal-hal ini menunjukkan bahwa alam akan sembuh jika kita memberikannya waktu, dan kita harus bekerja untuk menjaganya juga." ungkap Yuthasak Supasorn, gubernur Otoritas Pariwisata Thailand kepada Reuters.

Selain dibatasi jumlah pengunjung, kapal yang datang pun telah ditentukan titik labuhnya. Hal ini untuk menghindari kerusakan terumbu karang.

Sebelumnya, pejabat Departemen Taman Nasional Thailand telah mengumumkan tanggal pembukaan kembali untuk Maya Bay, yakni pada 1 Januari 2022.

Maya Bay menjadi sorotan setelah menjadi lokasi syuting dari film aktor Leonardo DiCaprio berjudul 'The Beach' pada tahun 2000. Semenjak itulah lonjakan pengunjung ke Maya Bay menjadi tajam.

Pada tahun 2008, ada sekitar 170 orang yang berkunjung per hari. Tetapi pada tahun 2018 jumlahnya telah meningkat menjadi sekitar 5.000 orang. Dan akibatnya sebagian besar karang di laut rusak bahkan mati.

Karena itulah kenapa pemerintah Thailand memutuskan untuk menutup Maya Bay. Mereka ingin memulihkan kembali kerusakan alam dan pantai dengan melakukan peremajaan.

Mahlan / may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya