Spot Surfing Indonesia, Cocok untuk Pemula dan Profesional

sumber: idntimes.com

info.hallobanua.com - Pantai adalah salah satu primadona wisata yang sering dikunjungi, di sana kita bisa sekadar bersantai menikmati pemandangan atau malah berolahraga.

Untuk kegiatan olahraganya, biasanya adalah surfing. Tak hanya butuh pantai yang indah, namun juga yang memiliki ombak besar.

Nah, jika kalian tertarik untuk mencoba olahraga surfing ini, berikut beberapa rekomendasi tempat surfing terbaik di Indonesia. Untuk pemula hingga profesional sekalipun.

1. Pantai Sorake dan Lagundri, Pulau Nias

Lokasi pertama ini sudah sangat terkenal di kalangan peselancar internasional, yaitu pulau Nias yang dikenal punya ombak menantang. Ombak di sana dapat menggulung sempurna dengan tinggi mencapai 2-15 kaki. Pulau Nias terkenal di kalangan pencinta surfing karena memiliki dua spot terbaik dunia yang disebut "The Point" dan "Indicator".

Walaupun punya karang yang tergolong banyak, tapi tidak pernah mengganggu kegiatan surfing selama ini. Untuk tempat surfing terbaiknya ada di dua pantai, yakni Pantai Sorake dan Lagundri.

2. Pantai Plekung, Banyuwangi

Pantai ini di kenal di kalangan surfer sebagai G-Land dengan ombak rata-rata mencapai 6 hingga 8 meter, dengan panjang mencapai 2 kilometer dan interval waktu setiap ombaknya sekitar 5 menit.

Tak heran jika ombak di pantai ini dikatakan yang terbaik setelah Hawaii. Bukti lain kualitas ombak dipantai ini adalah sering terselenggaranya lomba surfing tingkat internasional yakni “Banyuwangi G-Land International Team Challenge” dengan berbagai negara sebagai pesertanya.

3. Pantai Wediombo, Yogyakarta

Terletak di Desa Jepitu, Gunung Kidul sekitar 80 km dari kota pusat Kota Yogyakarta. Terkenal sebagai tempat surfing yang menantang, apalagi saat bulan Agustus sampai Oktober adalah saat paling tepat mencoba ganasnya ombak di sana.

Tipe ombak di pantai ini tergolong stabil. Sehingga cocok bagi kalian yang belum terlalu lihai surfing. Tidak hanya sebagai tempat surfing yang bagus, pantai ini juga menyajikan pemandangan yang indah. Apalagi panorama sunset yang disuguhkan dapat memanjakan mata kita. Sehingga kalian yang tidak suka surfing, tetap bisa datang ke sini untuk sekadar menikmati pemandangannya.

4. Pantai Matanurung, Aceh

Tempat selanjutnya datang dari wilayah paling barat Indonesia, yakni Aceh, kalian dapat menemukan spot surfing dengan gulungan ombak yang cocok untuk pemula. Spot surfing disana terkenal dengan nama Dylan’s Right yang terletak di pantai Matanurung. Kelebihan ombaknya yaitu memiliki reef breaks, yang membuat para peselancar dimungkinkan bertahan dalam gulungan ombak cukup lama.

Selain di kabupaten Simeuleu, di Aceh juga terdapat beberapa spot surfing lain yang bisa kalian coba, seperti pantai Lhoknga dan pantai Lampuuk di kecamatan Lhoknga, kabupaten Aceh Besar.

5. Pulau Panaitan, Banten

Selanjutnya masih masuk dalam kawasan Taman Nasional Ujung Kulon, Pulau Panaitan di Provinsi Banten. Mempunyai beberapa spot surfing yang bisa kalian coba, tepatnya ada 7 lokasi. Empat di antaranya paling terkenal di kalangan peselancar dunia kerena kualitas ombaknya yang baik, antara lain One Palm Point, Apocalypse, Napalms, dan Pussy.

Pada spot One Palm Point, panjang gelombang yang bisa kita naiki dapat mencapai 800 meter, dengan gulungan ombak yang condong ke kiri. Untuk titik Apocalypse lebih menawarkan gelombang yang tak terlihat, sedangkan titik Napalms adalah spot khusus bagi profesional. Untuk para pemula tidak usah khawatir, kalian bisa mencobanya di titik Pussy yang lebih aman untuk para pemula

Azizah/ may
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya