Vendor Ungkap Honda Vario 160 Meluncur Awal 2022

sumber: oto.com

info.hallobanua.com - Desas-desus peluncuran Honda Vario 160 di Indonesia makin terkuak. Kali ini informasinya datang dari salah satu vendor yang ditunjuk Astra Honda Motor (AHM) untuk membuat part (komponen) dari Vario terbaru.

Narasumber yang meminta identitasnya disembunyikan itu mengatakan, dirinya bekerja untuk membuat salah satu komponen dari Vario 160. Dari informasi yang dia terima, estimasi peluncuran motor baru ini akan dilakukan pada akhir Januari atau di awal Februari 2022.

"Seharusnya dalam waktu dekat ini antara Januari atau Februari sudah meluncur. Informasinya dari pihak AHM, tapi untuk tanggal masih benar-benar dirahasiakan belum ada join trial. Berbeda dengan PCX 160 yang memang sudah rilis gambarnya sebelum launching," katanya kepada OTO.com, belum lama ini.

Dia melanjutkan, pengiriman part dari Vario 160 ke pabrik AHM sudah cukup banyak. Unitnya bahkan sudah dirakit secara massal meskipun dalam jumlah yang masih sedikit. "Permintaannya belum sebanyak PCX 160, mungkin sedang mempersiapkan guna kebutuhan sharing ke diler saat event launching nanti," tambahnya.

Sesuai permintaan narasumber, kami tidak bisa menyebutkan komponen dan menampilkan foto part apa yang dibuat. Tapi informasi dari dia, komponen yang dimaksud menggunakan basis PCX 160 namun akan memiliki perbedaan di beberapa bagian yang tampil lebih sporty.

"Wujud keseluruhan dari motor saya belum melihat, sampai saat ini belum ada bocoran bahkan vendor dari tier 1-nya AHM saja info ke saya belum dapat wujudnya," pungkasnya.

Muncul Kode Baru untuk Vario

Di pemberitaan yang kami buat sebelumnya, diduga Honda sedang menyiapkan produk terbaru dengan kode produksi K2SA dan mengarah pada Vario 160. Saat ini Vario 125 punya kode proyek K60R dan K59J untuk model 150-nya.

Pihak AHM memang masih menutup rapat informasi soal kehadiran Vario 160. Mereka mengatakan jika perusahaan berfokus untuk menjual Vario 125 dan 150 lantaran demandnya masih tinggi di pasaran.

Peluang Vario 160 Masuk Dapur Produksi

Lantas mengapa Vario sudah layak untuk ditetaskan generasi terbarunya? Analisanya berdasarkan umur produk, Vario 125 dan 150 yang dijual di Indonesia kini sudah menginjak umur 4 tahun, pembaruan terakhir dilakukan pabrikan pada 2018 lalu.

Nah, bicara siklus hidup produk otomotif, para produsen biasanya akan melansir generasi baru setiap 3 atau 4 tahun sekali. Jika AHM ikut pakem ini, artinya Vario sudah matang untuk melahirkan generasi anyar. Peluang motor ini untuk world premiere alias debut dunia di Indonesia juga besar, mengingat pengguna skutik itu melimpah di Tanah Air.

Apalagi setelah kehadiran PCX 160 di awal tahun kemarin, ini membuka peluang jika Vario kelak akan disuntik mesin yang serupa. Sekadar informasi, Vario 150 dan PCX 150 model lawas memang berbagi platform mesin.

Artinya mesin PCX 160 bisa saja digunakan pada Vario terbaru, Ya, AHM sudah punya modal menetaskan Vario 160 tanpa perlu repot investasi lagi membuat mesin baru.

Bocoran Spesifikasi dan Fitur

Dari beberapa informasi yang kami kutip, Vario 160 disebut akan memiliki tampilan baru yang lebih sporty. Misalnya ada revisi pada bagian headlamp, stoplamp, bodi samping, serta pengguna profil ban yang lebih besar.

Honda Vario terbaru juga akan mengusung sasis anyar bermodel enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) yang diklaim mengikis bobotnya dan meningkatkan kestabilan saat berkendara. Nah untuk fitur, kabarnya motor ini juga akan dibekali dengan pengereman ABS sampai kontrol traksi.

Adapun untuk jantung pacunya disebut akan mengemas mesin yang sama dengan PCX 160 berteknologi eSP+, 4 katup, SOHC, 156,9 cc, pendingin cairan, dan berpengabut injeksi. Jika benar, Vario terbaru bisa memiliki tenaga maksimal 15 daya kuda dan torsi puncak 14,7 Nm. Nah, dimensi yang lebih ramping memungkinkan Vario punya performa lebih jempolan ketimbang PCX. Kita tunggu saja kejutan dari AHM.

Mahlan / may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya