Video dari Game X-Plane Jadi Sumber Hoax Garuda Indonesia "Crash Landing" di Iran

sumber: internet.kompas.com

info.hallobanua.com - Sebuah video yang menampilkan pesawat Garuda Indonesia crash landing di Iran, mendadak viral di dunia maya, melalui media sosial dan perpesanan instan.

Di tengah-tengah video, terselip sebuah narasi yang menjelaskan bahwa pesawat Garuda Indonesia crash landing di iran, telah terhempas di sebuah runway di Mashdad, pada 7 Januari 2022 lalu.

"This is airplane (Garuda, Indonesia) was crashed land today (7.1.2022) in Mashhad city Iran Garuda Indonesia," tulis salah satu pengantar pada video tersebut.

Video pendek berdurasi sekitar 36 detik tersebut sudah beredar kurang lebih hampir sepekan di lini masa Facebook, Twitter, TikTok, dan melalui pesan instan seperti WhatsApp.

Menanggapi beredarnya video tersebut, Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra dengan jelas membantah dugaan kecelakaan yang dialami oleh maskapai perusahaan.

"Hoaks," jelas Irfan ketika dikonfirmasi oleh Kompas.com, Senin (10/1/2022).

Dengan adanya pernyataan resmi dari Irfan, maka video Garuda Indonesia crash di Iran saat mendarat itu terbukti tidak benar, alias hoaks.

Dari game X-Plane 11

Setelah ditelusuri lebih lanjut, KompasTekno menemukan bukti bahwa video Garuda Indonesia crash landing di Iran tersebut merupakan cuplikan video dari game simulasi penerbangan X-Plane 11.

Video pendaratan darurat ini diambil dari sebuah video berjudul "Most Crazy Emergency Landing By Drunk Pilot | X-Plane 11" yang diunggah oleh kanal YouTube Bopbibun.

Pada video berdurasi 7 menit 13 detik, terlihat bahwa pemilik kanal sedang menerbangkan pesawat bertipe Boeing 777 pada game X-Plane 11.

Azizah/ may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya