Apa Itu Rica-rica, Bumbu Pedas Khas Sulawesi Utara?



sumber: Kompas.com 

info.hallobanua.com - Rica-rica identik sebagai makanan khas Manado, Sulawesi Utara, lebih tepatnya dari Minahasa.  Rica-rica merupakan bumbu super pedas yang dibuat dari campuran cabai, rawit, rempah, daun jeruk, daun pandan, dan air perasan jeruk nipis.

Biasanya rica-rica diolah bersama aneka lauk, seperti ikan bakar, ayam bakar, dan aneka protein lainnya.

Executive Chef Hotel Four Points Sheraton Makassar Suwanta mengatakan sajian rica-rica yang kerap ditemui saat ini di daerah Jawa berbeda dengan yang ada di Sulawesi Utara.  Salah satu aspek yang menjadi pembeda yaitu tingkat kepedasan cabai  yang digunakan.

"Kalau kita bicara orisinal, rica-rica khas Manado itu pedas, cuma seiring berjalannya waktu  rasa rica khas Manado beda dengan yang ada di Pulau Jawa, menyesuaikan dengan target pasar," katanya saat dihubungi oleh Kompas.com melalui sambungan telepon pada Kamis (24/2/2022).

Menurut Suwanta, rica-rica di Sulawesi Utara terasa lebih pedas dibanding yang ada di Jawa karena kualitas cabai yang digunakan di daerah asalnya dinilai lebih pedas.

"Cabai merah yang digunakan untuk olahan rica khas Manado itu menggunakan cabai dari Gorontalo. Warna merahnya bagus dan teksturnya padat," katanya.

Ada beragam teknik yang digunakan untuk mengolah rempah-rempah, seperti digeprek, dicincang, digiling, dihaluskan menggunakan blender, ataupun diparut. Suwanta mengatakan  teknik terbaik untuk mengolah rempah rica-rica yaitu menggunakan teknik parut.

"Kalau (rempah) digeprek, kita hanya akan mendapatkan aromanya saja, rasanya kurang," jelas Suwanta.

Sementara jika bumbu diparut, Suwanta menyebutkan akan mendapat rasa dan aroma rica-rica yang lebih terasa.

"Jadi, ketika dimakan rasanya akan beda," katanya.


Kina / may

 

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya