3 Cara Simpan Tepung Sagu agar Tidak Berkutu, Tahan hingga 6 Bulan

 

Sumber : Kompas.com

Info.hallobanua.com - Tepung sagu yang tidak habis dipakai, bisa disimpan untuk beberapa bulan ke depan. Apabila disimpan dengan baik, tepung sagu bisa bertahan hingga enam bulan dalam keadaan bersih dan tidak berkutu. Simak tiga cara menyimpan tepung sagu berikut ini yang dibagikan oleh Chef & Beverage Manager YELLO Hotel Manggarai Chrisentianus Widyo berikut ini.

1. Masukkan tepung sagu ke dalam wadah tertutup

Widyo menuturkan, tepung sagu harus disimpan di dalam wadah kedap udara untuk menghindari serangga atau kutu. "Dengan ditutup rapat itu mengurangi adanya serangga. Semua bahannya juga kan berasal dari pohon. Kalau dijadikan tepung dan tidak disimpan dengan baik kan pasti akan memicu keberadaan serangga," jelas Widyo.


2. Simpan sagu di suhu ruang Menurut Widyo

 tempat terbaik untuk menyimpan tepung sagu adalah di suhu ruang. "Kalau di ruangan ber-AC juga sebenarnya tidak apa-apa, tetapi kita atur suhunya di 23 derajat Celsius, tidak di suhu 16-17 derajat Celsius ya. Cukup sejuk aja," kata Widyo saat ditemui Kompas.com dalam acara Fun Food For Health with Sapapua and Edashi, Kamis (10/3/2022).

3. Jangan simpan sagu di tempat bersuhu tinggi

Selain menghindari suhu ruang yang terlalu rendah atau dingin, Widyo menuturkan, tepung sagu juga tidak bisa disimpan di ruangan bersuhu tinggi. "Kalau semakin panas, dia kan ada kandungan air di dalamnya, semua tepung kan pasti memiliki kandungan air karena dia dari tanaman atau tumbuhan kan punya kandungan air," ujar Widyo.  Kandungan air tersebut yang disebutkan menyebabkan tepung dapat basi.  "Jadi masa hidupnya akan berkurang. Dimaksimalkan penyimpanan itu di suhu ruang saja," pungkasnya.

madee/may 

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya