3 Fakta Penting Deltacron, Kombinasi Varian Delta dan Omicron


Sumber : Kompas.com

 Info.hallobanua.com - WHO mengkonfirmasi kehadiran deltacron yakni kombinasi antara varian Delta dan Omicron. Hibribida ini telah muncul di sejumlah negara khususnya Perancis dan Amerika Serikat.

Kabar soal rekombinasi virus ini tentunya berarti kita belum boleh lengah dalam menghadapi pandemi Covid-19.,

Protokol kesehatan masih harus tetap dijalani sambil tetap menjaga kesehatan meskipun mulai beraktivitas secara normal. Untuk meningkatkan pemahaman diri, berikut adalah sejumlah fakta penting Deltacron yang perlu kita ketahui.

Apa itu Deltacron?

 Dikutip dari Independent UK, Deltacron adalah varian Covid yang terdiri dari elemen Delta dan Omicron. Hibrida ini mengandung gen dari kedua varian sebelumnya, yang membuatnya menjadi virus rekombinan.

Kondisi ini dapat terjadi ketika materi genetik dari lebih dari satu asal digabungkan. Dengan kata lain, ketika seseorang terinfeksi dengan dua varian pada saat yang sama dan sel virus kemudian bereplikasi bersama.

Para ilmuwan berpendapat "tulang punggung" varian Deltacron berasal dari Delta, tetapi protein lonjakannya, yang memungkinkan virus masuk ke sel manusia, berasal dari Omicron.

Di mana Deltacron dideteksi?

 Varian Deltacron sudah terdeteksi di beberapa wilayah Perancis dan diyakini sudah beredar sejak awal Januari lalu. Ahli virologi dari L'Institut Pasteur di Paris, sebuah lembaga penelitian biomedis global terkemuka, mengurutkan genom varian Deltacron dan menyerahkan sekuens genomik lengkapnya pada hari Selasa ke database Covid internasional, GISAID,.

Artinya, Deltacron secara resmi dikonfirmasi sebagai varian, yang kemudian juga disampaikan WHO. Para peneliti mengatakan bahwa varian tersebut telah diidentifikasi pada setidaknya 17 pasien di AS dan Eropa. 

UK Health Security Agency (UKHSA) menyatakan setidaknya sekitar 30 kasus telah terdeteksi di seluruh Inggris. Bulan lalu, lembaga kesehatan Inggris itu tengah melakukan penelitian pada varian "Delta x Omicron Recombinant (UK)" - tetapi tidak diketahui apakah ini terkait dengan Deltacron yang berbasis di Prancis.

Bagaimana kita seharusnya menghadapi Deltacron?

Kehadiran Deltacron memicu kekhawatiran dari sejumlah orang, apalagi banyak aktivitas kini mulai berangsur normal. Sejauh ini, belum banyak data yang dapat digunakan untuk memprediksi seberapa menular varian ini, dan bagaimana pengaruhnya terhadap vaksinasi Covid-19. Dr Stephen Griffin, ahli virologi di University of Leeds, Inggris menyarankan masyarakat untuk tetap berhati-hati.

Karena lonjakannya berasal dari Omicron, varian Deltacron ini dianggap juga dapat menyerang jalur pernapasan bagian atas.

“Pada saat yang sama, ada beberapa bagian Omicron yang dianggap mengurangi keparahan yang hilang dari rekombinan,” tambah dia.

 Jadi, akan sangat baik untuk tetap menjalankan protokol kesehatan termasuk dengan mengenakan masker, mencuci tangan, menjaga asupan nutrisi serta vaksinasi Covid-19.

madee/may
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya