Ngecas HP Terlalu Lama Malah Bikin Rusak?

Sumber: Kompas.com

Info.hallobanua.com - Beberapa orang mungkin masih sering mendengar bahwa mengisi daya atau ngecas baterai HP terlalu lama, justru akan membuat ponsel cepat rusak. Peringatan itu muncul lantaran banyak orang yang ngecas HP di malam hari saat tertidur. 

Konon, ngecas HP terlalu lama akan mebuat komponen baterai cepat bocor lalu kerusakan akan merembet ke komponen lainnya. Benarkah demikian?

Dilansir dari PCMag, ngecas HP terlalu lama akan merusak ponsel tidak lah benar sepenuhnya. Sebab, smartphone yang beredar di pasaran saat ini dirancang sedemikian "pintarnya" untuk mencegah kerusakan komponsen ponsel saat pengisian daya terlalu lama.

Salah satu komponen utama yang memungkinkan baterai dan ponsel tetap aman meskipun dicas terlalu lama adalah chipset.

Sebagian besar chipset yang ditanamkan di smartyphone saat ini memilikki teknologi untuk memastikan tidak terjadi “overload” daya dan dapat memutus aliran listrik secara otomatis ketika daya telah terisi penuh.

Setelah baterai lithium-ion internal mencapai 100% dari kapasitasnya, pengisian akan otomatis berhenti.

Bahkan, beberapa vendor menyematkan teknologi yang lebih mutakhir untuk menjaga kualitas baterai di perangkatnya. Misalnya saja Oppo, yang beberapa perangkat seri A miliknya didukung fitur Optimized Night Charging.

Fitur yang memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) itu memungkinkan baterai terisi hingga 100 persen ketika pengguna bangun pagi, apabila mengecas ponsel di malam hari menjelang tidur.

Tapi, ngecas HP terlalu lama tetap tidak disarankan

Meskipun mengisi daya HP terlalu lama ternyata tidak serta merta membuat smartphone rusak, namun pengguna tetap disarankan untuk tidak melakukan hal tersebut.

Sebab, saat Anda mengecas HP semalaman, baterai akan naik-turun di angka 99 ke 100 persen dan sebaliknya. Lambat laun, hal tersebut akan mengurangi masa pakai ponsel dan baterai.

Namun, ada cara untuk mengatasinya yakni menggunnakan smart plug atau steker/colokan pintar yang mengatur tegangan listrik secara otomatis. Di marketplace tersedia smart plug dari berbagai merek dan rentang harga.

Mengisi daya HP terlalu lama juga bisa membuat tagihan listrik membengkak. Maka dari itu, ada baiknya untuk lebih bijak dalam mengatur pengisian daya perangkat apapun, tidak hanya smartphone, namun juga laptop atau wearable device lain.

Tips mengisi daya ponsel

Ada tips yang bisa diaplikasikan saat mengecas ponsel agar perangkat tidak cepat rusak, yakni tidak meletakkan tumpukan apapun, seperti buku atau perangkat lain di atas smartphone yang sedang dicas.

Hindari pula meletakkan ponsel di bawah bantal saat pengisian daya sedang berlangung. Hal tersebut berpotensi membuat perangkat lebih cepat panas.

Panas dari ponsel itu memang belum tentu cukup mampu untuk memicu kebakaran spontan. Namun, kebiasaan itu akan membuat baterai cepat rusak.


Sebaiknya, ponsel diletakkan di permukaan datar dengan tekstur lebih keras seperti logam, kayu dan lainnya tanpa ditibani benda apapun ketika diisi daya. Misalnya, meletakkan HP di atas meja kayu atau kaca.

Selain itu tips lain untuk membuat baterai Anda lebih awet adalah menggunakan kabel charge ponsel original dan bukan tiruan.

Menggunakan kabel terbaik juga akan menghindari berbagai masalah yang tidak diinginkan, khususnya untuk daya tahan baterai ponsel.

Selain itu, untuk menjaga baterai ponsel agar awet adalah dengan menghindari pengisian daya saat baterai mencapai atau mendekati 0 persen. Usahakan untuk mengisi daya ponsel saat sudah mencapai 20 hingga 40 persen.

Setiap smartphone saat ini memiliki indikator kapan sebaiknya ponsel harus diisi daya. Biasanya, saat daya tinggal 20-15 persen, layar smartphone akan memunculkan notifikasi agar pengguna segera mengecas ponsel.

Hindari juga untuk mengecas dengan pengisi daya cepat (fast charging) yang memiliki daya terlalu tinggi karena dapat membebani daya baterai.

Jika Anda berniat untuk mengisi daya baterai semalaman, tips lainnya adalah menghindari pengisian dengan mode terlalu cepat.

Gunakan pengisian daya yang lambat agar tegangan yang dialirkan juga lebih rendah.

Dengan menerapkan beberapa tips sederhana di atas, baterai HP berpeluang lebih tahan lama dan ponsel tidak akan cepat rusak. 

Kina / may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya