Sisi Gelap Dunia Kpop, dari Bullying sampai Prostitusi



sumber: cnbcindonesia.com
info.hallobanua.com - Di balik gemerlap industri hiburan Korea Selatan, ternyata ada sisi kelam yang tak banyak diketahui publik. Beberapa penyanyi dan anggota grup pernah mengalami sejumlah skandal, mulai dari kencan diam-diam, bullying, hingga pelecehan seksual. Siapa saja mereka?

1. Hyuna dan Dawn dipecat karena berkencan

Salah satu bukti kejamnya industri hiburan Korea Selatan bisa dilihat dari berita kencan yang melibatkan Hyuna dan Dawn. Hyuna adalah anggota girl grup ikonik 4Minute, sementara Dawn anggota boy grup Pentagon. Keduanya adalah rekan satu label di bawah perusahaan Cube Entertainment.

Hyuna dan Dawn diam-diam mulai berkencan sejak tahun 2016. Pasangan ini baru jujur mengenai hubungan mereka pada tahun 2018. Sayangnya, mereka berdua dipecat dari agensi mereka, Cube Entertainment, yang menilai keduanya telah mengkhianati kepercayaan perusahaan. Setelah cabut dari Cube, pasangan ini lalu berpindah ke agensi milik penyanyi PSY, P Nation.

2. 'Skandal' Kencan Jennie Blackpink dan Kai EXO

Kai EXO dan Jennie BLACKPINK dikabarkan berkencan di Sky Park pada 25 November 2018 lalu. Kai EXO sendiri yang menjemput Jennie BLACKPINK dengan menggunakan mobil. Dispatch menyebut, Kai EXO adalah pria yang memiliki sikap dan sopan. Ia sendiri yang membukakan pintu mobil untuk Jennie BLACKPINK.

Para penggemar yang terobsesi dengan keduanya menentang hubungan Jennie dan Kai. Keadaan makin memburuk ketika agensi Jennie mencoba menyangkal berita kencan dengan menyebut Kai sebagai sopir Uber-nya. Karena hal itu, Jennie terus-menerus diejek dan dikritik. Sebagian penggemar juga mendorong Kai untuk meninggalkan Jennie. Pada akhirnya, hubungan keduanya putus.

3. Skandal 'Burning Sun' Seungri

Skandal 'Burning Sun' mungkin menjadi salah satu kasus kriminal terbesar dalam sejarah K-pop baru-baru ini. Skandal ini melibatkan superstar K-pop Seungri, mantan anggota BIGBANG, yang diselidiki karena penipuan dan prostitusi di klubnya yang bernama Burning Sun pada tahun 2019.

Pada akhir Januari 2022, Pengadilan Tinggi Korea Selatan mengurangi masa tahanan Seungri menjadi hanya 18 bulan dari yang sebelumnya tiga tahun. Mulanya, selain dijatuhi hukuman penjara, ia juga diwajibkan membayar ganti rugi sebesar 1,15 miliar won Korea (US$1 juta), untuk kejahatan memfasilitasi prostitusi dan penggelapan uang.

4. Kasus bullying

Pada awal 2021, sejumlah idola K-pop dituduh sebagai pelaku bullying di sekolah mereka dulu. Kasus penindasan sekolah di Korea Selatan sangat kejam sehingga masyarakat biasanya langsung memboikot artis K-pop terduga pelaku bullying.

Karena dugaan kasus ini, banyak artis K-pop yang diberhentikan sementara oleh agensi mereka, sementara perusahaan berusaha mengumpulkan bukti untuk menangkal rumor. Banyak dari rumor yang terbukti palsu, namun Soojin (G)I-DLE terbukti bersalah dan harus meninggalkan grupnya.

5. Kasus pemerkosaan Kris Wu

Pada tahun 2021, mantan anggota EXO, Kris Wu, dituduh melakukan pemerkosaan terhadap 30 orang, sebagian di antara mereka di bawah umur. Terduga korban yang angkat bicara menceritakan bahwa mereka dibujuk dengan iming-iming bahwa Kris Wu akan menaikkan karir mereka.

Mantan idol K-pop itu telah ditangkap oleh polisi di Beijing atas dugaan pemerkosaan dan sedang diselidiki sebagai tersangka kriminal.


Kina / may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya