Studi: Asupan Protein Hewani Bisa Memperpendek Umur


sumber: Kompas.com

info.hallobanua.com - Jika protein hewani seperti produk susu, daging sapi, dan ayam menjadi bagian dari diet sehari-hari, ada baiknya untuk mengganti menu makanan tersebut. 

Pasalnya, studi yang dikerjakan para peneliti di Penn State University College of Medicine menemukan, produk hewani itu bisa mempersingkat umur kita. 

Berdasarkan studi, asam amino belerang yang dikonsumsi dalam jumlah besar dapat memicu peningkatan risiko penyakit kardiovaskular dan berdampak fatal. 

Para peneliti melihat hasil dari dua studi jangka panjang yang melibatkan sekitar 120.700 peserta. Peneliti menemukan, peserta yang mengonsumsi asam amino belerang dua kali lipat mengalami peningkatan risiko penyakit kardiovaskular sebesar 12 persen. 

Risiko kematian akibat penyakit tersebut juga meningkat 28 persen selama masa studi 32 tahun. Temuan lain peneliti, sebagian besar asam amino belerang terkandung dari makanan seperti daging sapi, ayam, dan susu.

"Penelitian baru menyoroti diet tinggi protein hewani dikaitkan dengan kondisi kesehatan yang lebih buruk," kata ahli gizi dan profesor Lisa Young, PhD, RDN. 

"Studi ini juga menunjukkan diet yang menyehatkan jantung harus mencakup lebih banyak buah dan sayuran dan protein nabati seperti kacang-kacangan, bukan daging dan susu." 

Namun, dilanjutkan Young, kita tidak perlu membatasi asupan protein hewani sepenuhnya. "Kita tidak perlu sepenuhnya menyetop makanan yang tinggi asam amino sulfur seperti daging dan susu, tetapi kita harus fokus untuk menciptakan pola makan yang sehat," jelas Young. 

"Kita sebaiknya tidak hanya terpaku pada asam amino itu, tetapi cenderung menciptakan pola makan yang sehat secara umum."


Kina / may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya