Teka-teki Isi Saldo Rekening Doni Salmanan


Sumber: Kompas.com

Info.hallobanua.com- Kerap tampil hidup mewah dan pamer harta berlimpah. Perangai tersebut melekat pada sosok Doni Salmanan. 

Lelaki dijuluki crazy rich Bandung itu membetot perhatian publik gegara tersandung kasus dugaan penipuan hingga Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) platform Quotex.

Bareskrim Polri menetapkan Doni Salmanan sebagai tersangka. Polisi pun menjebloskan afiliator Quotex tersebut ke sel tahanan.

Teka-teki belum terungkap yaitu isi saldo Doni Salmanan. Polisi masih bungkam berkaitan nominal saldo yang bersarang di rekening sang tersangka. Namun polisi memastikan rekening Doni Salmanan diblokir.

"Blokir (rekening Doni Salmanan) sudah, sudah ada," kata Dirsiber Bareskrim Polri Brigjen Asep Edi Suheri sebagai dikutip detikJabar dari detiknews, Jumat (11/3).

Usut Aliran Dana

Penyidik kini mengusut rekening milik tersangka dan aliran dana yang masuk. Aset punya Doni Salmanan terancam disita.

"Akan dilakukan juga tracing aset milik tersangka dan aliran dana yang mengalir dari rekening tersangka atau menuju rekening tersangka terkait tindak pidana ini. 

Tentu setelah itu dana atau aset dari tindak pidana ini akan dilakukan penyitaan," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan, Rabu (9/3).

Polisi menegaskan bakal mengusut kasus ini. Termasuk dugaan aliran dana itu diterima keluarga tersangka dan sejumlah publik figur.

"Semua aliran dana yang diberikan dari bersangkutan kepada siapa pun apakah ke keluarga atau orang lain, pihak manapun, yang mana dana tersebut bersumber dari tindak pidana, akan dilakukan penyitaan oleh penyidik," tutur Ramadhan.

Penjelasan PPATK

Untuk mengusut rekening Doni Salmanan, penyidik kepolisian bakal berkoordinasi dengan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). 

Koordinator Kelompok Substansi Humas Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) M Natsir Kongah mengatakan isi rekening Doni Salmanan yang diblokir itu masuk dalam Rp 99 miliar yang telah diblokir penyidik.

Menurut dia, pihaknya telah mengetahui aliran transaksi setiap rekening yang diblokir. Dari data per 10 Maret 2022, Natsir menjelaskan, PPATK menghentikan sementara transaksi terkait dugaan transaksi investasi ilegal sebanyak 121 rekening yang dimiliki oleh 49 pihak di 56 Penyedia Jasa Keuangan. Total nominalnya sebesar Rp 353.980.706.680.

"Dari jumlah tersebut, sebesar Rp 99.111.429.666 telah dilakukan pemblokiran oleh penyidik dari Bareskrim. (Rekening Doni Salmanan yang di blokir) Ada di dalamnya. Semua pihak, para pihak yang ada di dalamnya terinci secara jelas dari mana dan kemana dana itu mengalir," tutur Natsir.

Natsir tidak menjelaskan isi rekening Doni Salmanan yang telah diblokir. Dia menyebut hal itu hanya bisa disampaikan kepada penyidik Bareskrim Polri.

"Hanya saja hasil analisis dan hasil pemeriksaan yang dilakukan hanya dapat disampaikan kepada penyidik, dalam hal ini Bareskrim Polri," ucap Natsir.

Respons Pengacara Doni Salmanan

Polisi memblokir rekening milik Doni Salmanan yang ditetapkan tersangka terkait Quotex. Pengacara Doni Salmanan mengikuti langkah yang dilakukan penyidik Bareskrim Polri.

"Kita mengikuti saja dulu," ucap Ikbar Firdaus kuasa hukum dari Doni Salmanan kepada detikJabar, Jumat (11/3/2022).

Ikbar menuturkan pihaknya akan bersikap kooperatif. Terkait proses penyidikan tersebut. "Kita kooperatif mengikuti prosedur yang berjalan," ucap Ikbar.

Hingga saat ini polisi belum menentukan aset apa saja yang akan disita dari Doni Salmanan. Menanggapi rencana penyitaan aset oleh polisi, Ikbar menegaskan pihaknya belum menerima informasi resmi.

"Belum datang (pihak kepolisian). Tapi sebetulnya kita juga belum dapat kabar pastinya, belum fix jadwal (penyitaannya) kapan," katanya.

Sekadar diketahui, Doni Salmanan memiliki beberapa aset termasuk bangunan rumah pribadi di kawasan hunian elite Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB). 

Ikbar mengatakan rencana penyitaan aset milik kliennya, termasuk yang ada di Kota Baru Parahyangan, merupakan rangkaian dari pemblokiran rekening milik Doni.

"Iya (rangkaian dari pemblokiran rekening lalu ke penyitaan), kurang lebih seperti itu. Tapi rincinya tanya penyidik saja," ucap Ikbar.

Kina / may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya