Vitamin D, Bantu Kita Menua dengan Lebih Sehat


sumber : kompas.com

Info.hallobanua.com - Reseptor vitamin D ditemukan di hampir setiap sel dalam tubuh.

 Yang berarti, vitamin D memiliki peran besar dalam segala hal mulai dari tulang, otot, dan kesehatan kekebalan hingga kognisi, suasana hati yang semuanya berkaitan pada umur panjang.

 Selama beberapa tahun terakhir, semakin banyak bukti juga telah mengungkapkan, vitamin D adalah pemain kunci dalam banyak proses fisiologis yang terkait dengan hidup yang lebih panjang, sehat, dan bahagia.

 Baca juga: Khasiat Vitamin D untuk Mengobati Psoriasis Pada tahun 2019, jurnal Biology menerbitkan ulasan yang menguraikan banyak mekanisme umur panjang dan manfaat vitamin D. Ternyata, vitamin D adalah vitamin esensial lain yang merupakan antioksidan kuat, yang membantu menyeimbangkan aktivitas mitokondria, memerangi stres oksidatif, dan melindungi DNA jika status vitamin D kita tercukupi. 

Masalahnya adalah bahwa sebagian besar orang dewasa memiliki tingkat vitamin D yang tidak mencukupi (tepatnya 41 persen) dan 29 persen kekurangan vitamin D.

 Faktanya, lebih dari 90 persen orang Amerika Serikat bahkan tidak bisa makan sampai 400 I.U. mikronutrien esensial ini setiap hari, sementara kita membutuhkan lebih dari itu. 

Sebab, tanpa tingkat vitamin D yang memadai, maka tubuh kita tidak dapat memanfaatkan vitamin saat dibutuhkan untuk tindakan antioksidan atau aktivitas vital lainnya.

Cara vitamin D memberikan manfaat antioksidannya Secara khusus, vitamin D membantu melindungi protein (misalnya, hormon, antibodi, kolagen, dan lain-lain)

asam lemak (alias lipid, seperti yang ada di membran sel di seluruh tubuh), dan DNA dari oksidasi dengan memerangi stres oksidatif.

 Selain itu, tingkat vitamin D yang cukup juga dapat mendukung ketahanan mitokondria dan fungsi endokrin.

madee\may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya