Wakil Walkot Jaktim Sebut Upaya Kementan Bangun Urban Farming Adalah Tepat Kompas.com - 28/02/2022, 15:31 WIB


sumber: kompas.com

 Info.hallobanua.com - Wakil Wali Kota (walkot) Jakarta Timur (Jaktim) Hendra Hidayat mengatakan upaya Kementerian Pertanian (Kementan) membangun pertanian kota atau urban farming merupakan langkah yang tepat guna.

 Pasalnya, kata dia, upaya tersebut dapat mendukung dan memperkuat ketahanan pangan nasional yang berkelanjutan. Terlebih, sebut Hendra, Kementan melakukan pendampingan hingga penyediaan akses Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang mempermudah para petani dalam mengembangkan usaha taninya.

 "Untuk alasan itulah kami menerapkan urban farming, kami punya 7 hektar (ha) lahan sayur dan 28 ha lahan tanaman padi di kawasan Cakung. Kami berterimakasih kepada Kementan karena telah memfasilitasi masyarakat untuk terus bertani," ujar Hendra Hendra mengatakan, pengembangan urban farming juga bisa mengoptimalkan lahan-lahan kosong menjadi lahan produktif yang menghasilkan banyak keuntungan bagi masyarakat di sekitarnya.

Menurutnya, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur berupaya juga mengembangkan urban farming di lokasi rumah susun, dan melakukan pendampingan terhadap masyarakat. Untuk diketahui, saat ini ada lebih dari 16 gabungan kelompok tani (poktan) di Jakarta Timur dan 114 poktan yang tersebar di 13 rusun dan 65 Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA). Mereka melakukan aktivasi bertani, termasuk menanam padi di kawasan sawah abadi.

 "Alhamdulilah Pemkot Jaktim juga mendapat dukungan program kampung buah yang dilaksanakan di kelurahan Malaka Sari dan duren sawit dengan menanam 500 pohon mangga dan 500 alpukat campedak.

 Kemudian kami juga mengembangkan tanaman anggur," katanya. Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi mengatakan, sektor pertanian selama ini berkontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi nasional di tengah pandemi Covid 19.

 Lebih dari itu pertanian juga berkontribusi pada peningkatan ekspor nasional. "Pertanian itu tidak hanya sekadar menghasilkan buah. Tetapi pertanian itu satu satunya yang dibutuhkan manusia paling utama. Pertanian berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi dan ekspor nasional. Kemudian yang menghasilkan oksigen untuk kehidupan manusia," ucapya.

rifai/may


Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya