BMKG Prakirakan Hujan Disertai Petir Melanda Beberapa Wilayah di Luar Jawa

Sumber: TEMPO.CO

Info.hallobanua.com -  Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian wilayah Indonesia dilanda hujan pada Kamis, 21 April 2022. Hujan terjadi bervariasi, dari hujan skala ringan, hujan lebat, dan hujan disertai petir.

BMKG memantau adanya pusat tekanan rendah di barat daya Banten yang membentuk daerah konvergensi memanjang dari pesisir barat Sumatra Barat hingga Lampung pada hari Rabu, 20 April 2022.

Selain itu terpantau pula sirkulasi siklonik di Kalimantan, Samudera Pasifik utara Papua Barat, dan Laut Arafura yang membentuk daerah konvergensi memanjang di Kalimantan Barat, Samudra Pasifik utara Papua Barat, dan dari Laut Arafuru hingga Laut Timor.

Daerah konvergensi lainnya terpantau memanjang dari Aceh hingga Sumatra Utara, Kepulauan Bangka Belitung, dari perairan utara Jawa Barat hingga selatan Jawa Tengah, dari perairan utara hingga selatan Jawa Tengah, di Samudra Hindia selatan Jawa Barat, dari Kalimantan Timur hingga Kalimantan Barat, di Kalimantan Selatan, di Sulawesi bagian tengah, di NTT, di Maluku Utara, dan dari Papua Barat hingga Papua.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut. 

Ibu kota provinsi yang diperkirakan hujan disertai petir pada hari Kamis adalah di Banjarmasin, Tanjung Pinang, Kupang dan Medan. Hujan dengan skala lebat kemungkinan terjadi di Banda Aceh dan Mamuju. Hujan dengan skala sedang diperkirakan terjadi di Yogyakarta, Bandung, Surabaya, Samarinda dan Palembang.

Sementara hujan dengan skala ringan kemungkinan di Serang, Jakarta Pusat, Jambi, 

Semarang, Palangkaraya, Pangkal Pinang, Bandar Lampung, Mataram, Jayapura, Manokwari dan Pekanbaru.

Suhu udara berkisar antara 19-33°C dengan suhu terendah di Bandung. Suhu tertinggi di Denpasar, Gorontalo, Semarang, Pontianak, Palangkaraya, Mataram dan Makassar.


Ca / may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya