Cek 5 Komponen Non Mesin Mobil Ini Sebelum Berangkat Mudik Lebaran




sumber: TEMPO.CO.

Info.hallobanua.com -Mudik lebaran tahun 2022 telah di depan mata dan yang ingin memakai kendaraan pribadi roda empat wajib periksa juga komponen di luar mesin mobil.

Kementerian Perhubungan memprediksi akan ada 17 juta sepeda motor dan 23 juta mobil yang digunakan untuk mudik. Terkhusus untuk mobil, lakukan pengecekan lima komponen mobil non mesin sebelum mudik lebaran.

Komponen-komponen berikut ini punya fungsi krusial pada mobil. Sehingga perlu dipastikan dapat berjalan sebagaimana mestinya, guna menghindari kecelakaan lalu lintas.

Tempo merangkum dari beberapa sumber, ini lima komponen mobil non mesin wajib di cek sebelum mudik lebaran 2022.

Filter udara

Dilansir dari laman driving-tests.org, filter udara yang buruk dapat mempengaruhi jarak tempuh. Hal tersebut tentu akan merepotkan dikala mudik lebaran. Lebih lagi, kemungkinan paling buruk mesin mobil dapat mati karena kekurangan oksigen.

Kaki-kaki dan rem

Kaki-kaki pada mobil berperan sebagai penopang saat melakukan perjalanan jauh. Ada beberapa komponen yang perlu diperhatikan di kaki-kaki mobil, yakni suspensi, tie rod, ball joint, hingga pelek dan bautnya.

Kampas rem yang juga harus diperiksa. Biasanya kampas rem yang telah haus alias habis akan berbunyi seperti gesekan besi. Atau bila terdapat gejala tak enak lagi dan dikira perlu ganti, maka sebaiknya diganti baru.

Ban

Dengan kondisi yang tak layak jalan, mobil akan mengalami berbagai pengurangan fungsinya. Ban dengan kondisi baik tentunya akan lebih bagus. Penurunan daya cengkram ke permukaan jalan adalah dampak paling nyata. Kondisi ini sangat berbahaya, apalagi saat berkendara dalam hujan.

Cek beberapa kondisi ini untuk menentukan apakah ban mobil sudah saatnya diganti. Seperti telah menipis secara merata, adanya benjol pada bagian tertentu, banyak tambalan, keretakan, ban sobek, dan kondisi ban sudah tak seimbang.

Perlu diperhatikan umur ban agak tidak melebihi batas. Menurut National Highway Traffic Safety Administration sekitar sembilan persen jumlah kecelakaan disebabkan oleh masalah ban.

Lampu

Perjalanan yang jauh tentu akan melewati malam. Jangan abaikan peran lampu. Seperti lampu utama dan lampu sein.

Periksa sistem kelistrikan, termasuk sambungan kabel, kondisinya, dan bohlamnya.

Wiper

Kondisi wiper yang buruk akan ditandai dengan bunyi mencicit tiap kali turun hujan, dilansir dari driving-test.org. Ketika tanda-tanda itu muncul, segeralah ganti wiper mobil.

Melakukan perjalanan dalam hujan perlu kehati-hatian yang ekstra. Wiper membantu pengendara membuat jelas pandangan di depan mobil sehingga bisa berkendara dengan aman.

Demikian lima komponen non mesin mobil yang harus dicek sebelum berangkat mudik.

rifai/may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya