Naik ke Candi Borobudur Mau Jadi Rp 750.000, Pengunjung Bakal Dapatkan Ini

sumber: Detik.com

info.hallobanua.com - Pengunjung yang membayar tarif khusus untuk naik ke Candi Borobudur akan mendapat sejumlah fasilitas. 

Pengunjung akan mendapat alas kaki dan didampingi pemandu wisata (guide) yang disiapkan khusus bersertifikat kompetensi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta sertifikat hospitality dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Tarif khusus ini akan diterapkan sejalan dengan pembatasan kuota pengunjung yang bisa naik ke Candi Borobudur. Pembatasan kuota ini ditujukan untuk melestarikan Candi Borobudur..

Rencananya, jumlah pengunjung yang bisa naik ke candi dibatasi 1.200 orang per hari. Kemudian, tarif khusus yang akan ditetapkan sebesar Rp 750.000 untuk wisatawan nusantara.

Lalu, untuk wisatawan mancanegara US$ 100 dan untuk pelajar (grup study tour sekolah/bukan individu) Rp 5.000.

"Sebagaimana disampaikan oleh Pak Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Kemaritiman dan Investasi, pengaturan kuota kunjungan 1.200 wisatawan per hari adalah kuota khusus untuk wisatawan yang naik bangunan Candi Borobudur. Sedangkan untuk kunjungan regular, selama masa pandemi ini kuota wisatawan akan mengikuti ketentuan dari satgas COVID-19," kata Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (PT TWC) Edy Setijono dalam keterangannya, Senin (6/6/2022).

Meski demikian, pengelola tetap menyediakan tiket reguler. Dengan tiket ini, pengunjung tetap bisa berwisata ke Taman Wisata Candi Borobudur tapi tidak diperkenankan untuk naik ke bangunan candi.

"Kami tetap mengakomodir wisatawan regular yang akan berkunjung ke Taman Wisata Candi Borobudur, dengan harga tiket masuk reguler, yaitu untuk tiket wisatawan nusantara dewasa/umum Rp 50.000,tiket wisatawan nusantara anak/pelajar Rp 25.000, tiket wisatawan mancanegara dewasa/umum US$ 25, dan tiket wisatawan mancanegara anak/pelajar US$ 15. Tiket ini memperbolehkan wisatawan untuk berwisata di Taman Wisata Candi Borobudur sampai batas pelataran/halaman Candi Borobudur, tetapi tidak diperkenankan untuk naik ke bangunan Candi Borobudur," sambungnya.



Kina / may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya